Let’s become Elegant fans 4


Awalnya ga mau sih nulis2 begini. Tapi kok, gara2 peristiwa bbrp mingu lalu di GI, aku jd pingin ngomong.

Kalau ga suka, ya tidak usah dibaca. Aku hanya mau berbagi apa yg aku pikirkan aja

Sebagai manusia, menurutku WAJAR dan NORMAL jika kita mengagumi seseorang, atau bisa dibilang ngefans sama aseseorang. Entah krn rupa, talent, atau APAPUN yg terkandung di dalam org yg bersangkutan.

Saya pribadi punya BUANYAK IDOL dr masing-masing kategori. Aktor, Band, bahkan Dubber.

Tapi apa yang saya maksud dengan “fans yg elegan”?

Kita akan bahas pelan-pelan di bawah ini. Dibaca santai saja ^^

Kalau dulu kita disuguhi dg reality show “mimpi kali ye!” yg mempertemukan idol dg fansnya. Dan begitu ketemu, yg terjadi adalah histeria dengan segala kerusuhan yang terjadi.

Dulu saya sempat berpikir untuk ikut acara tersebut supaya bisa ketemu dg idol saya Lucky Alamsyah. Tapi kemudian saya urungkan niat saya krn :

1. Saya ga punya koleksi banyak ttg kak Lucky krn emank susah di dapat
2. Saya ga akan bs bertindak seheboh itu kalau nanti ketemu kak Lucky meski saya ngefans berat

Kemudian saya berpikir. Apa sih untungnya kalau begitu ketemu idola kita, trus kita histeria? Berteriak-teriak lebay trus bahkan ada yang sampe pingsan?

Rasa bahagia, senang, hepi, grogi, adalah sesuatu yang SANGAT-SANGAT WAJAR! Tapi kalau sampe histeria? Cubit sana sini? peluk sana sini? Aduh… aku hanya ngebayangin apa ga risih idol kita diperlakukan begitu? Krn bagi dia, kita pasti hanya orang asing. Trus kalau kita sampe pingsan, rugi bandar dung. Jrg2 bisa ketemu idol, malah pingsan ><;

FYI, saat acara screening CCC kmaren (Adikku dg saktinya bs dpt tiketnya dan memaksaku yg ga ngefans untuk hadir dan meliput menggantikan dia yg di luar jawa ><;), awalnya ada rencana untuk photo bersama member Sm*sh. Tapi kehebohan yg membuat telinga kiriku begitu sakit krn studio 8 blitz mega plex dipenuhi jeritan2 histeris. Sebenernya sih jerit2 gpp. Tp saat pembawa acara bilang “Siapa yg mau belai Morgan?” smua langsung.. “gyaaa aku mau cubiiit… mau elus.. mau peluk”. Suara2 spt itu bergiliran muncul. Gimana ga parno tuh member sm*sh?

Akhirnya tb2 ga ada acara foto brg. Pdhl aku disuruh kasih surat isinya kritik dan saran buat Sm*sh. ><; Langsung bingung gmn ngasinya. Ga mungkin aku lempar ke mukanya kan? (Ditabok fansnya)

Nah kalau begitu, siapa yg rugi? Fans jg kan?

Buat fans yg suka banget kalau pas jumpa fans narik2 idolnya, cubit2, main tabrak peluk, pernah ga kepikiran, kalau mungkin idol kita bs terluka krn nya? Pernah ga berpikir kerugian yg kita berikan pada idol kita? Sering aku lihat berita pipi idol luka cakar. Trus tangan babak beluk ditarik-tarik. ck ck ck

Mana yg akan membuat kalian lebih bahagia? Saat kita bs memegang idol kita atau saat idol kita berkata dia suka dengan apa yang kita lakukan untuknya? Kalau aku, sudah pasti yang kedua.

Atau, begitu dpt nomer Handphone atau alamat rumah, langsung tiap hari telp, tiap hari sms, lebih parah tiap hari nyatronin rumahnya. OMG! Idol kita jg manusia. JANGAN berpikir mereka ada UNTUK kita. Mereka ada untuk kita kagumi. Tp mereka punya kehidupan pribadi yg jg harus kita hargai. Kalau sampe mereka ganti nomer HP gara2 merasa terganggu oleh kita, siapa yg rugi? Kita jg kan? kalau kita pingin ngucapin something yg urgent malah ga bs.

Trus kalau tb2 idol kita ganti HP tanpa bilang kita, ga usah ngambek. Husnudzan aja kalau misal HP nya rusak, jd nomer kita hilang, or kemalingan jd ga bs kontak kita. Ga usah jd uring2an. Berusaha saja lagi untuk mendapat kontak yg baru ^^

Aku masih ga habis pikir knapa fans bs sewot kalau idolnya merit. SO WHAT GITU LOH?! Bukankah harusnya sebagai fans kita tuh SENENG dan BAHAGIA saat idol kita bahagia? Knapa malah kita yg marah2 ga jelas?

Lalu, idol kita tuh sibuk banget dg berjuta aktifitasnya demi fans2nya jg. Pastinya dia ga bs merhatiin kita spt kita merhatiin dia. Jd adalah WAJAR kalau dia ga bs sll membalas twitter, wall, sms, ato telp kita. Ga perlu langsung benci sama idol kita. O EM JI. Setipis itukah rasa cinta para fans yg langsung berbalik benci begitu sekali dicuekin? Aku sendiri kalau mau sms dubber aja groginya setengah mati (apalagi nelp). Kalo diajak main ke studio dub, kudu ada temen dulu br berani. Aku bnr2 ga mau mengganggu idol2ku dg hal2 ga penting.

Lalu bagaimana menjadi fans yg elegan?

Istilah ‘fans elegan’ terbersit saat orang tua saya berkata “Kamu tuh kelakuannya elegan dikit dong jd cewek!” (sangking saya kayak cowok). bwahahah

Buat aku, menjadi fans elegant berarti :

1. Menghargai idol kita sebagai ‘manusia biasa’ yg butuh privasi
2. Stay cool
3. Banyak melakukan sesuatu untuk idol kita tanpa menuntut untuk terus diperhatikan (meski ga munafik kalau diperhatikan rasanya pasti selangit).

Berikan hadiah sebisa kita. Meski hanya sekedar ucapan, doa, kritik membangun, gambar sederhana, atau video editing, kurasa idol kita akan lbh menghargai kita dg itu. Disitu kita bs memberikan ‘cinta’ kita kan?

Mungkin buat yg terbiasa mengambil cara AGRESIF dan BRUTAL (ini kata-kata saya untuk fans yg suka main jambak rambut [-maunya ngelus-], tarik tangan dll) untuk menarik perhatian idolnya, ‘cara fans elegant’ nampaknya ga akan berhasil menarik perhatian idolnya.

Kalau itu yg mereka pikirkan, MEREKA SALAH BESAR!

Setelah ini, saya akan bercerita pengalaman saya dan adik dalam ngefans terhadap seseorang. Semoga bs menjadi bahan pertimbangan untuk cara ‘mengejar idol yg baik dan benar’ (judul yg absurd)

Ini ga diurutin berdasarkan apa-apa. Just random aja

Ini bukan pamer. Hanya untuk membuktikan kalau kami sebagai fans Elegant jg bs mendapat perhatian dr idol2 tanpa perlu menyakiti/menganggu mereka (Smoga beneran ga ganggu) bwahahaha.

1. Alv Band

Band dg vocalist Nugie ini adl band Indonesia pertama saya dan 1-1nya yg sampe detik ini saya suka 90% dr smua lagu di albumnya. Ya.. saya ngafans berat dg sang Basist, kak Alex Kuple yg menurut saya keren skill dan performnya. Kalau adik ngefans ama kak Jo sang akustik.

Dengan memberanikan tekat mengirim surat ke Fan Clubnya dan mendapat balasan, lambat laun, kami bs mendapatkan akses ke backstage setiap kali Alv band manggung. Bahkan bs dapat nomer HP personelnya. Sempat diundang ke pernikahan Nugie secara pribadi.

Photobucket

Bayangkan, saat saya bertanya di Note ttg apakah saya harus menulis artikel ini, org yg pertama membalas note saya adalah idol saya kak Kuple. Sampe speechless saya krn terharu. huhuhuhuhuhu

Bahkan, tweet spt ini sudah membuatku seperti di awang2. weheheheh

Photobucket

Terima kasih banyak atas segala hal yg indah yg pernah Alv band dan Alv people lalui.

2. Laurent ‘Lohan’ Buson

Pemeran Luc dr Merantau ini bener2 mencuri hatiku dan adikku. Aktor asal perancis ini bener2 membuat kami sampe membuat 4 fanfic ttg Luc, 2 art ttg dia juga 2 video editing. Bahkan bbrp kali chat.

Tapi sejak dia sibuk, kami jg ga berani ganggu lagi. Hanya doa aja supaya dia sukses dg film barunya dan smoga dia ke Indo lagi kapan2. weheheh

Ini salah 1 komennya di video yg kami buat

Photobucket

3. Lucky Alamsyah

Aku ngefans sejak dia jadi Dokter Eko di sinet yg entah apa judulnya dan entah bagaimana ceritanya. Yg kuingat hanya betapa coolnya beliau di sana. Sempat chating sekali dan di sanalah aku mendapat alamat rumahnya.

Meski aku dpt alamat rumahnya dan dua kali sempat melintasi di depan jalan rumahnya (Dianter papa yg kebetulan ada perlu di wilayah itu), aku bener2 ga berani menganggu. Ya… bahkan sepanjang 15 thn aku ngefans sama kak Lucky, aku hanya 1 kali kirim surat. Dan meski ga dpt balasan, aku ttp ngefans. Krn kupikir pasti sibuk, jd ga sempet balas. Lagipula aku pemalu kalau ngefans. jadi lebih suka sbg silent fans aja.Β 

Sampe akhirnya, adikku menemukan twitternya, dan memaksaku untuk nge tweet kak Lucky meski aku sepet bingung mau ngomong dr mana. Dan kak Lucky bahkan akhirnya ngajak ketemuan skalian nonton kak Lucky perform di GPMB di senayan.

Saat ketemu aku hanya mematung. Pas ngelihat kak Lucky lg ngasih arahan pas latihan. Pas mau mulai lomba, kalau ga didorong Fara, mungkin aku jg ga berani nyapa (Meski Fara bilang feelingku bener2 bagus bs nemuin kak Lucky berkali-kali di ratusan org yg memenuhi Istora waktu itu).

Bahkan pas mau minta foto brg, aku yg di dorong2 dulu sama Fara br berani foto. Dah gitu jauh2an. Dan krn bukan mukhrim, salaman aja kaga. wehehehe

Photobucket

Yang paling membuatku terharu adl saat tb2, gambar yg kupersembahkan sbg ucapan selamat thn baru baginya tb2 dijadikan PP selama seminggu. Mau pingsan rasanya (tp ga boleh pingsan ntar rugi). wehehehe

Photobucket

Meski kak Lucky tipe idol yg sangat2 rajin membalas msg fansnya, aku ga brani sering2 nge wall dia. Kalau nge wall, pasti kudu kurasa ada something yg penting or menghibur. weheheheΒ  Kalau engga, saya stalker saja ^^ Skali lagi, saya mah ga mau ganggu.

4. Mark Dacascos

Pemeran The Crow ini bener2 digilai adikku. Setelah perjuangan panjang, akhirnya bahkan Mark memfollow twitter adikku juga. Sayang skrg twiternya sudah dihapus. T_T

Photobucket

5. Harada takuma dan Suzuki Hiroki.

Setelah dg cool bolak balik nge tweet dan komen ke blog dg bahasa Jepang amburadul, akhirnya aku bisa dpt balasan

http://www.junes.co.jp/torisetsu/2009/05/post_224.html

Bahkan paketku di angkat sama Hiro-kun. ^^

Kalau takuma bahkan namaku di pasang di blognya. Ugh….. Terharu

http://hasseitakano.multiply.com/journal/item/66/DIBALAS_Harada_Takuma_Akhirnyaaaaa

Photobucket

6. Hassei Takano

Akhirnya setelah dr tahun 1999 bisa dibalas twit nya ama Hassei-san πŸ˜‰ bahkan 3 hari terakhir ini malah chat di gmail *happy*

7. Adam Cheng

Surat ku pernah dibacakan di salah satu wawancara radio nya om Adam.

8. Rafael Landry Tanubrata

Akhirnya di follow jg ama coco rafa T_T *terharu* Ga perlu nge spam minta di follow tiap hari.. buktikan saja dengan memberikan apa yg bisa kamu berikan ke coco πŸ˜‰ puisi, video editing, gambar editing, kliping, dll πŸ˜‰ be unique πŸ˜€

9. SELURUH DUBBER INDONESIAAAAAA!!!!!

I love them all. memang ada bbrp dubber yg jadi fave ku. Tapi overall, aku sayang mereka semua. Duluuuu.. aku sempat kirim surat masal ke dubber2 SCTV dan dpt balasan. Sejak itu, aku pelan-pelan masuk ke dunia dubbing sampai sempat menjabat sebagai pengurus Persusi (persatuan sulih suara Indonesia) pdhl aku bukan dubber (ngurusin web sih sebenernya kerjaaanya)

Mereka bener-bener care dengan aku sekarang. Love them all.

Yang akhir2 ini membuatku terharu adalah dipakainya gambarku sbg PP salah 1 dubber faveku kak Richie (Soalnya beliau yg ngisi Vega di trailernya), juga pas komikku dibeli salah 1 dubber wanita fave ku jg. Aku kaget pas aku diajak kak Mirna (Dubbernya Cala) ‘ngedate’ nonton brg di TA. huhuhuh Bener2 Hepi dan TERHARUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!!!

Photobucket

Trus mereka dg berbaik hati membantuku untuk membuat trailer komikku yg akan terbit nanti One Step (Akhir maret 2011). Are they amazing?

Waktu aku ngelihat proses take dub narator trailer ini, rasanya hepi. Tapi di studio ga boleh brisik. Jd menjerit dlm hati saja. lol Asli keren sangad!!!!


Besok (1 march) aku bahkan diundang main ke salah satu studio dubbing. HUHUHUHU

Hampir Setiap malam aku jg chat dg dubber2. Grogi sih, tp hepi. weheheheh

sebenernya aku masih ngefans ama Adam Cheng sang pendekar harum yg legendaris. Suratku jg pernah dibacakan beliau. Tp krn ga ada bukti krn aku cm mendengar rekamannya, jd ga bs dipublish here

***

Nah… siapa bilang dengan bersikap “Kalem”, “Tenang” dan “Elegant” ga bs mendapat perhatian dr idol-idol kita?

Ingat saja, perlakukan seseorang spt kita berharap mereka akan memperlakukan kita.

MESKI KITA MENCINTAI MEREKA, JANGAN LEBAY dan RESPECT THEM!

Insya Allah, They gonna love us too (narsis)!

Skali lagi, kalau ada yg menyinggung siapaun, mohon maaf, ini cuman buat pelajaran wat kita semua, kalau bersikap berlebihan itu ga ada bagus-bagusnya.

*Bayu Kristanti dan Puspitasari Anggradewi*

Kakak beradik yg meski idolnya banyak bedanya, tapi saling mendukung untuk mengejar idol masing-masing*

Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “Let’s become Elegant fans