MENCINTAI tak selamanya HARUS memiliki 4


Mencintai tak selamanya harus memiliki……..

Terdengar Klise? Mungkin. Tapi itu sebenar-benarnya kebenaran yang saya rasakan saat ini.

Sebenernya ini saya tujukan buat SELURUH org2 yang memiuliki perasaan yg sama dg saya terutama member Dubber and Fans Group di FB.

Kenapa saya malah nulis di MP pdhl untuk member FB? Krn saya suka MP krn bisa diatur warna, font dan lbh mudah di kontrol postingannya.

Mari kita mulai….

Sejak saya masih belum bisa mengingat dengn baik, orang tua saya sudah membelikan saya banyak kaset sanggar cerita yang jumlahnya sangat banyak.

Dari semuanya, yang paling berkesan adalah RAHASIA ISTANA BESI (mungkin krn nama pangerannya sama dg nama saya) wakakakak

Sejak itu, saya menyukai dunia sulih suara, mengaggumi mereka dan ingin bertemu dg pemilik suara-suara indah yg kerap saya dengar sebelum tidur (bahkan sampai hapal dialognya di luar kepala)

Saat era sanggar cerita sudah berakhir, kecintaan saya pindah ke film2 dubbingan. Waktu itu serial silat China sedang booming. Baru kemudian anime-anime. Akhirnya dengan usaha keras sana sini (membuat web, milis, forum, artikel, surat dll), saya bisa mengenal orang-orang hebat itu satu demi satu.

Banyak teman-teman saya mengira kalau saya ini Dubber mengingat saya cukup tau banyak soal dunia sulih suara. Dan tak sedikit yang terheran-heran saat mendengar saya tidak ingin menjadi seorang dubber, padahal saya kerap ke strudio dubbing.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, “Cinta tak selamanya harus memiliki”

Saya mencintai dunia sulih suara, tp saya tidak bisa memiliki dunia yg saya cintai itu.

Banyak hal yang menyebabkan saya urung. Bukan krn saya tidak cinta, tetapi saya punya cita-cita lain yang kadar cintanya lebih besar.

Saya masih ingat saat berkunjung ke studio Dubbing RCS, kak Dandi Lesmana berkata “Kristi ga usah jadi dubber! Ga boleh! Kamu jd komikus aja! Itu lebih baik buatmu.”

Ya… itu jalan yg saya pilih. Saya mengorbankan kecintaan saya terhadap dubbing dan memilih komik sbg cita-cita saya.

Saya tidak menampik saya merasa SANGAT-SANGAT bahagia saat saya mendubbing (meski itu hanya fandub). Kenangan spt foto di bawah sampai sekarang masih segar dlm ingatan

 

Tapi ada hal yang menurut saya, lebih bisa saya lakukan drpd dubbing. Dan bukankah wajar jika orang lain juga memiliki rasa yg sama?

Maksudku, ga smua org yg suka baca komik, akan jd komikus

Ga smua org yg suka makan mau jd koki

Atau yg suka nonton film mau jd aktor

Bener ga?

Oleh karena itu, saya suka sedih kalau ngebaca di group ada yang terkesan menyepelekan member lain hanya karena tidak bercita-cita menjadi dubber.

Ga semua orang yang join di komunitas dubbing berarti MAU JADI DUBBER. Mungkin kebanyakan hanya ingin tau dubber pujaan mereka itu siapa namanya dan ingin berkenalan. Ga lebih dari itu.

Atau yang seperti saya, yang meski mencintai dubber dan INGIN jd dubber, tp saya GA BISA menjadi dubber.

Harusnya hal-hal seperti itu menjadi perhatian bagi. Pekerjaan adalah panggilan jiwa. Kalau memang panggilan jiwanya bukan menjadi dubber, kenapa harus dipaksakan?

Level kesukaan org terhadap sesuatu berbeda-beda.

Ada yang sangking cintanya sama dubbing, sampe bela-belain nginep di studio dubbing buat belajar.
Atau ada yang ngebuat fandub untuk melampiaskan kesukaannya pada dunia sulih suara meski ga kesampaian jd dubber (its me).
Atau ada yang sekedar mengagumi para dubber secara diam-diam.

Apa itu berarti semua member harus ke studio dubbing dan nginep bersama untuk belajar?
Apa itu berarti semua member harus bela-belain ke Jakarta dr luar kota untuk menjadi dubber?
Apa itu berarti semua member harus selalu aktif di group atau aktif ke studio-studio dubbing?

Kadang, orang2 yang ‘baru tertarik’ pada dunia sulih suara justru akan mundur saat melihat betapa beberapa pihak begitu ‘bernapsu’ menyuruh mereka dtg ke studio dubbing, seolah memaksa untuk HARUS tinggal di Jakarta untuk menjadi dubber dll.

Menurutku, untuk membuat org tertarik pd sebuah dunia, dekati dengan halus. Tunjukkan bagaimana cara menjadi dubber yang baik meski belum bisa menjadi dubber sebenarnya. Misalnya fandub, latihan baca naskah sendiri di rumah, dll.

Sebenarnya banyak cara untuk bisa mendubbing dengan baik tanpa harus jadi dubber.

1. Latihan di rumah
2. Ikut proyek2 FanDub di group
3. Sharing file suaranya ke group supaya bisa dinilai dll

Sekali lagi…. cinta ga selamanya harus memiliki

Sebelum berbicara dan meminta orang lain begini dan begitu, tolong lihat kembali apakah orang tersebut memang bercita-cita menjadi dubber, atau hanya menyukai dubbing. Karena memaksakan apa yang kita mau kepada orang lain justru sungguh membuat org lain jengah sama kita.

Semoga ke depannya member DnF bisa saling mengerti…. Bahwa ga selamanya semua member bercita-cita menjadi dubber dan ga semua member punya waktu luang lebih untuk selalu posting di forum.

Btw, sekalian untuk nambah wawasan, saya copaskan bbrp artikel tentang BERETIKA di forum yang saya suka. Semoga degan begini group DnF akan lbh maju dan nyaman untuk ditinggali ke depannya

ATURAN POSTING DAN BERTANYA PADA SEBUAH FORUM

  1. Sebelum Anda bertanya Silahkan membaca dulu postingan di Forum tersebut apakah sudah pernah ditulis atau pernah ditanyakan orang lain sebelumnya. Gunakan Search pada group sebelum posting.
  2. Pastikan anda Membaca RULES & FAQyang biasanya tercantum pada sebuah group
  3. Gunakan Bahasa yang mudah dimengertioleh orang lain karena tidak menutup kemungkinan dalam Forum tersebut anggotanya berasal dari berbagai daerah dan bahkan bisa juga dari bangsa lain.
  4. Tulislah permasalahan yang Anda Hadapi dengan kata-kata lengkap dan jelas (jangan seperti menulis SMS) bila perlu tulis juga kejadian sebelum ataupun sesudah Anda mendapat masalah tersebut, ini akan mempermudah orang lain untuk menganalisa permasalahan yang Anda Hadapi. Apalagi Anda menggunakan bahasa 4l4y. Dijamin saya ga akan mau baca.
  5. Jangan sembarang bertanya pada Forum/salah lokasi bertanya, Misalnya bertanya Soal pemain sepak bola tapi bertanya di Forum dubbing, walaupun Anda mendapatkan jawabannya tentu saja tidak memuaskan, bisa juga Anda akan ditertawakan.
  6. Harap bersabar untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang kita hadapi, belum tentu orang lain sempat memberi jawaban tersebut pada saat itu juga, bisa juga orang yang tahu jawabannya sedang sibuk atau perlu riset khusus dan praktek langsung agar dia bisa memberikan jawaban yang benar dan memuaskan.
  7. Jangan menanyakan masalah yang diluar kontek Forum tersebut, misalnya yang mengandung SARA, Perjudian dll.
  8. Jangan bertentangan, khususnya jika hal tersebut tidak penting.Perbincangan tidak akan pernah luput dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut seseorang. Namun, jangan pernah ngotot jika hal tersebut tidaklah penting untuk dibicarakan.
  9. Jangan menguasai perbincangan. Tanyakan pertanyaan untuk mengetahui kesamaan di antara kalian. Jangan pernah egois dalam sebuah perbincangan. Perbincangan dua arah antara kalian akan membuat perbincangan semakin seru, dan Anda pun akan menemukan banyak kesamaan dengan lawan berbicara Anda.
  10. Jangan selalu menjadi pahlawan dari setiap cerita. Bangunlah perbincangan yang seimbang. Jangan selalu bercerita tentang Anda, kehidupan Anda, teman Anda, dan apapun mengenai Anda.

Etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya

1. Jangan Gunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

2. Kutip Seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.

3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabny a kembali ke dalam forum umum.

4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax

Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.

5. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)

Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.

6. Hindari Personal Attack

Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.

7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)

Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

8. Dilarang menghina :

1. Agama
2. Ras
3. Gender
4. Status sosial
5. Dsb yang berpotensi menimbulkan debat kusir yang mengarah ke situasi yang emosional.

9. Cara bertanya yang baik :

1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

Semoga dengan begini, group DnF akan lebih maju lagi

Dengan 1000 lebih member, mari buktikan kalau kita bisa kompak!! ^^

Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “MENCINTAI tak selamanya HARUS memiliki