Aku yang sekarang terbentuk karena “aku” yang dulu 5


Hey… lama aku ga update blog ini. Terlalu fokus sama yang lain sih. Ahahaha

Pagi ini, bangun tidur, sambil mijit suami, aku cek Fb di tab. Jreng-jreng….. tiba-tiba membaca postingan seperti ini.

 

Aseeeeek….. AKU DI FLAME!!!!

 

Ada bahan omongan pagi-pagi. Dari dulu, aku selalu bilang “Kok Fanfic-ku di FFN ga pernah di-flame sih?” Dan sekarang dikabulkan. Tapi dibidang lain sih.

Sebagai penjelasan, data-data di web yang mereka hina dina itu VALID! Amigos tayang 2 kali di SCTV. Aku dan adikku menulis berdasarkan hasil wawancara kami dengan dubber-nya langsung dan juga dari tabloid Bintang Indonesia. Mungkin hanya untuk satu dua episode menggantikan dubber aslinya. Sama seperti saat k Miftah mendubbing Misao-Samurai X menggantikan kak Irene hanya untuk beberapa episode.

Sudahlah, hal itu tidaklah penting sekarang. Toh ini seperti membandingkan 2 hal yang ga nyambung. Mungkin mereka berpikir aku saat itu membahas Amigos yang diputar ulang dan di re-dub. Sama seperti Esmeralda yang di-dubbing ulang. ^^ Padahal yang kumaksud itu Amigos yang pertama.  

Seperti yang aku pernah tulis di Mencintai tak selamanya harus memiliki, aku sudah semakin jauh dari dunia sulih suara. Tapi toh, aku tetap mencintai dunia ini. Meski dubber-dubber baru di film-film baru aku sudah ga ngikutin [Aku tidak punya TV], tapi toh, aku masih komunikasi dengan beberapa dubber dengan lancar. Whatsapp-an, Fb-an, sms-an, bukankah itu cukup?

Melihat kembali postingan website lamaku, membuatku tertawa. “kok ancur banget ya webku? Designnya seadanya. Pasti dari template. Isinya juga kurang lengkap dan ga beraturan!”

Tapi sebuah web jelek seperti itu, adalah web pertama yang aku buat. Bagaimana juga aku berterimakasih pada mereka telah ‘menemukan’ website itu kembali sehingga aku bisa bernostalgia.

Ya … tanpa adanya website pertamaku itu, tidak akan ada BayuKristanti.com. Karena semua hal yang kita lakukan pasti mulai dari sesuatu yang buruk bukan? Justru karena itu manusia bisa berubah menjadi lebih baik dari masa ke masa?

Aku tidak malu menunjukkan seperti apa aku dahulu. Karena tanpa “aku” yang dinilai Otaku Freak, ga tau malu, sok tahu , aku ga akan berani bersama adikku [Puspitasari] ke studio dubbing SCTV, Indosiar, IMMG dll sekedar mengangsurkan secarik kertas putih untuk diisi oleh para dubber-dubber itu lalu dirangkum bersama menjadi sebuah web sederhana, Persusi.org yang sudah tutup bbrp tahun lalu karena aku tidak sempat mengurus lagi.

Kenapa aku tidak menyebut nama asli di sana? Karena tahun 1999-2002, situs di internet tidak sebanyak sekarang. Adalah berbahaya jika meletakkan nama asli di internet. Tapi saya sudah mencantumkan email valid saya saat itu dan email tersebut menggunakan nama asli sebagai display name-nya. Sayang emailnya lama tidak dibuka karena TIDAK ADA yang perduli pada web itu sehingga berkenan melayangkan email ke sana. Ya .. tidak ada yang perduli. Setidaknya sampai saat ini. hihihihih

Kami berani pakai nama asli kok. “Kristi dan Sari”. Kami di-bully di internet tahun 2002-2005 hanya krn kami pendukung dubbing Indonesia. Apa kami pengecut? TIDAK! Saat kami membela dubbing Indonesia, nick name kami “Kristi dan Sari”. Itu yg dihapal kakak-kakak dubber sampai sekarang. Alhamdulillah!

Kenapa aku menyebutnya seiyuu bukan dubber? Karena itu adalah masa dimana dubbing Indonesia masih dibawah bayang-bayang kelam. Semua orang kenal seiyuu, tp tidak kenal istilah dubber. Karena itu, menulis menggunakan Seiyuu, kemudian di bawahnya tetap ditulis dubbing menurutku lebih efektif.

Hanya sangat disayangkan, sikap yang begitu menghakimi dari beberapa orang yang mengaku sebagai fans dubbing Indonesia.

Seandainya memang aku salah [meski nyatanya di web itu datanya benar], kayaknya tidak perlu sampai sebegitunya dihina-dina seolah-olah aku adalah makhluk bodoh paling sok tau sedunia. ^^ Ahahahah

Apalagi ternyata data yang mereka berikan untuk dubbing Amigos yang baru [re-dub], bukan yang lama. Thread langsung dihapus begitu aku balas. Entah oleh siapa.

Kenapa dihapus? Tidak membiarkan aku melakukan klarifikasi? Karena itu, aku melakukan klarifikasi lewat blog ini saja ^^

Aku coba tulis bagaimana aku bisa berkembang dari masa ke masa. Thx buat banyak websiteku yg sudah gugur di internet sana. Silahkan intip : Ayo ngeblog blogging is sharing and sharing is caring kalau mau lihat blog-blogku yang lama.

WEBSITE B’T X

Dalam segi design, jelas kalah jauh. Contentnya juga kalah jauh. Tapi karena sibuk, akhirnya tidak kuteruskan. Toh jarang ada yang suka B’T X. Jadi website ini tetap offline.

 

WEBSITE DUBBING INDONESIA

 

Yang atas adalah website yang dicela di FB. Sedangkan yang bawah adalah website dengan design agak jadul tahun 2007. Tapi data-datanya lebih lengkap dan semua hanya berdasarkan data yang sudah dituliskan oleh dubbernya langsung ke dalam kuisioner yang kami bagikan setiap kami berkunjung ke studio dubber.Sekarang web yang bawah sedang dalam rekontruksi besar-besaran dg URL yang berbeda. Kami pasang tulisan “Kami mau membuat website khusus seiyuu Indonesia. Ada yang mau bantu?”. Dan website di bawah adalah hasil kerja keras aku dan adikku beberapa tahun berselang. Karena TIDAK ADA SATU pun yang kirim email menyatakan mau membantu kami membuat website seiyuu Indonesia. T_T

 

CORET2 DENGAN WACOM TABLET

 

Manusia itu berkembang. Dan apa ketika saya salah proporsi, tidak bisa menulis dengan benar di awal saya pakai tablet, teman2 deviantArt saya menghina dina saya? Melecehkan saya? TIDAK! Mereka mendukung saya. Memberi saya tips-tips, mengajari saya setting brush yang enak, dll. Akhirnya hanya dalam 3 tahun, gambar saya berubah cukup drastis.

 

COSPLAY

 

Awal saya cosplay 2004 juga saya begitu nista [Thx buat Nycken atas fotonya]. Ga mirip banget sama tokoh kesayangan saya. Tapi toh saya berkembang. Itu juga berkat dukungan teman-teman di multiply, di lautan Indonesia, di DeviantArt yang tidak jemu memberikan masukan, saling dukung satu sama lain. Bukan begitu saya tampak JELEK, saya tampak BURUK, langsung dihujat, dijatuhkan dan dicegah untuk berkarya lebih lanjut.

Aku yang sekarang terbentuk karena “aku” yang dulu.

 

Aku berusaha untuk berkarya lebih baik lagi ke depannya. Terima kasih untuk teman-teman yang selalu mendukungku. Aku sayang kalian semua!

Mengutip kata om Tere-Liye. “Air yang keluar dari teko mencerminkan isi tekonya.”

Semoga kita semua bisa tetap menjaga isi teko kita masing-masing tetap bersih dan enak diminum siapa saja. Aamiin.

Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 thoughts on “Aku yang sekarang terbentuk karena “aku” yang dulu

  • asti

    Memang mudah mengkritik orang lain. tapi dalam mengkritik hendaknya kita juga tahu etika. jangan dengan kata-kata yang menghujat apalagi sampai menjatuhkan, membuat orang lain yang baru mulai berkarya justru tidak mau lagi berkarya. kritik itu bagus asalkan disampaikan dengan baik, meberikan saran-saran yang membangun untuk perbaikan sebuah karya.
    Tetap semangat ya, Bay… Jangan dengarkan orang lain yang mengejekmu karena belum tentu mereka bisa melakukan hal yang sama baiknya dengan yang kamu buat, bisa jadi itu hanya cibiran orang-orang iri yang tidak ingin kamu menjadi lebih baik.
    selalu ingat bahwa disampingmu banyak teman-teman yang selalu mendukungmu dan bahagia dengan kemajuan karya-karyamu 🙂

    • Shireishou Post author

      I love you astiiiiiii! kau ga perlu moderasi lagi ternyata dah langsung masuk [ya iya dah pernah komen] wakakaka

      Iya, kritik membangun itu susah. Aku suka kritik2mu pd karya2ku. Terima kasih selalu atas supportnya ^^ [peluk sampe mojrot]

  • Anita Bong

    Hahahah~ Mbak Bayu ga berhak bilang blogku isinya berat :p karena postingan yg kali ini juga sam aberatnya XD hahaha~

    Somehow aku salut dengan Mbak bayu yang setia membela dunia dubbing indonesia 😀 dari zaman si komo lewat sampe sekarang 😀 walaupun banyak kontroversi sana sini 🙂 keep going mbak Bayu 😀 hehehe~

    Btw, yg cosplay KHR itu mbak lagi hamil yah? XD

    • Shireishou Post author

      Sekarang cuman melihat dr jauh aja say. Lha ga ada tivi. Gimana mau ngikutin lg? kalau org blg kak ini dubbing ini ya? aku cmn blg “Maaf ga nonton” T___T

      iya lg hamil 7 bulan wakakakak…. Pingin cosu ibu2 hamil. revisi baju sana sini biar tutup aurat lol

  • Lilih

    Hal yang terlintas waktu baca blog ini: “Kayaknya kenal sama foto orang yg ngehujat Kak Bayu di FB itu. Siapa ya?” hehehehe…

    Again, saya terkesima. Membayangkan kak Bayu sama sang adik mengumpulkan data dubber Indonesia. Bener-bener.. mantap pokonya mah! Luar biasaaaa…

    Saya jadi termotivasi untuk punya semangat seperti kakak.

    Semangat terus, Kakakku yang cantik! Semoga sukses selalu ya! ^_^