Proses Berubah itu Memang Berat


Tahun lalu, saat memutuskan hijrah ke wattpad dari FFN, ga pernah nyangka bisa berakhir cukup indah. Di FFN, Shirei hampir ga pernah dapet komen. Ah jangankan komen, VIEW aja nggak ada booo.

statistic fanfiction

See? Bener2 NOL, zip, zero wakakak. Itu 13 tahun lhoooo… Sejak 2003.

statistic fanfiction

Cerita paling lama Shirei dg Inggris nista dan menyedihkan, cuma dpt 300-an view selama 13 thn. Itu sekitar 2,4 view SEBULAN. Wahahah View lho View. lom tentu dibaca.

 

Kalau pernah baca komik golongan darah, Shirei paling takut mengambil langkah pertama.

blood tuype comic

Dulu pas mau buka ID di wattpad, mikir keras, apa akan ada yang baca? Apa nasibnya sama aja kayak FFN? dan kekhawatiran lainnya. Terus saat itu ada yang berkata, “Hey, ini masalahnya kamu ga ada tempat buat naruh karya karena FFN di-block. Wattpad kan bs jadi sarana. Ga usah mikirin view. Tulis aja sebaik mungkin seperti yang kamu lakukan selama ini.”

Akhirnya Shirei mereview, apa sih yang salah dari Fanfic2 Shirei kok sampai viewnya ngenes gitu?

1. Fandom pinggiran. Oke. Ini ga bisa diapa-apain lagi. Udah kutukan. wahahah
2. Temanya itu-itu aja. Angst, hurt, pemikiran sendiri tokohnya. Nggak fresh dan berulang.
3. Penjabaran tokohnya kurang jelas. Orang yang nggak tau fandom, jadi enggak minat.
4. Kurang promosi. NAH! Shirei ga beranni jemput bola. Ga berani nawar-nawarin fanfic Shirei buat dibaca orang.
5. Jarang komen ke tempat orang karena Shirei juga ga ngerti fandomnya. Kebanyakan author langsung nulis karakter tanpa menjelaskan dia siapa, sifatnya, dll.

Akhirnya, dengan berpegang pada lima hal di atas, Shirei membuka ID di Wattpad dan mengunggah karya pertama Maret 2015.

Dan bermodalkan kenekatan itu, alhamdulillah, setelah satu tahun, sempat merasakan mencicip rank #1 di Non-fiksi lewat Wattpad Tips-No Rant. Nomer #7 di Chicklit lewat Voice in Dream, Nomer #23 di Teenfiction lewat One Step -Sejejak Langkah, bahkan puisi curhatku Merajut Kata sempat ngejebpol #44 di poetry. Sisanya 12 Tender Killers dan Unseen Heart karena Tag Mature ga akan dpt rank. Oh, karangan terbaruku Amore A Sardegna – Cinta di Sardinia bisa dpt rank meski masih 600-an di Romance. Kaget sekaget-kagetnya secara Romance itu saingan terberat di Wattpad.

statistic wattpad

Mengejutkan? BANGEEEET! Shirei malah bisa dapat banyak sekali komen. Sampai mau nangis rasanya. Makanya setiap komen, berusaha Shirei bales semaksimal mungkin. Soalnya Shirei tahu banget perihnya 13 thn ga dapet komen. Setiap komen berharga buat Shirei, bahkan yg sekadar “Lanjut, Thor!” Percayalah, Shirei lbh suka Hawkeye [oke ga nyambung]

Sebenarnya pada intinya, setiap usaha dilandasi pada “Niat, Usaha, dan sisanya serahkan sama Allah.” Isilah kerennya, Ikhtiar sebaik mungkin.

Kenekatanku buat ngirim Voice in Dream ke  Gramedia Pustaka Utama juga masih menanti jawaban. Tapi yaaaah … apa pun hasilnya nanti, smoga bs kuterima dg lapang dada dan merupakan langkah terbaik untukku dan masa depanku. Tsaaaaah.

Yuk jangan menyerah. Kegagalan di masa lalu, jangan dijadikan penghambat. Namun, jadikan cambuk semangat untuk mengkoreksi dan mengembangkan diri.

Mari berjuang bersama!

quote instagram by choosing opur path we choose our destination

Incoming search terms:

  • Clbk a saint seiya fanfic (1)
Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *